Review Novel When The Star Falls dan Spora

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

This Is A blog Of Story-Selamat siang reader, pada hari ini saya akan memberikan sebuah ringkasan cerita dari dua novel yang akan saya ceritakan kembali menggunakan bahasa saya sendiri. Kedua novel itu adalah novel "When TheStar Falls" [by Andry Setiawan] dan novel "Spora" [Alkadri]
     Berikut adalah identitas dari novelnya:
1. When The Star Falls
Cover When The Star Falls

Judul: When the Star Falls
Penulis: Andry Setiawan
Penerbit: Haru
Genre: Romance, Sicklit
Format: Softcopy, 204 halaman
Tahun Terbit: Oktober 2015
Sinopsis:
Tahu tidak, bintang itu cahaya masa lalu?Bintang itu, adalah orang yang mati yang meninggalkan seseorang yang ia cintai di bumi.Lynn, boleh kan aku mengingatkanmu sekali lagi tentang kita?Tentang bagaimana kita bertemu.Juga tentang bagaimana kita bertengkar dan berbaikan.Lalu tentang ciuman pertama kita, dan juga tentang perjalanan kita selama ini.Aku hanya berharap, besok kau tidak melupakannya lagi.Karena itu, aku tulis semuanya di buku ini.Agar saat kau lupa, kau bisa membukanya lagi dan membacanya.Tentang kita.Sampai salah satu dari kita menjadi bintang.Sampai bintang itu jatuh dan menjemput salah satunya.Bintang terjatuh karena ia mengejar orang yang dicintainya, yang sudah menyusul dirinya.


2. Spora
Cover Spora

Judul: Spora
Pengarang: Alkadri
Penerbit: Moka Media
Tahun Terbit: 2014
Tebal Buku: 235 halaman
Sinopsis:
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang kurcaci.
Ia tinggal disebuah gua di dalam gunung.Gunung yang menjulang tinggi melampaui langit.Tubuhnya kecil, rupanya buruk, dan perangainya pun kasar.namun, sang kurcaci memiliki sesuatu.sesuatu yang diinginkan oleh segenap manusia dikaki gunung.

Di suatu pagi, Alif menemukan sesosok mayat tergeletak di lapangan sekolahnya.Kepalanya pecah berkeping - keping. sejak saat itulah mimpi buruk Alif dimulai. satu persatu orang disekitar Alif jatuh menjadi korban, mati dalam kondisi mengenaskan tanpa diketahui penyebabnya. Polisi mulai melakukan penyelidikan dan mencurigai keterlibatan Alif. Bersamaan dengan itu, masa lalu Alif yang kelam datang untuk menghantuinya kembali.Monster itu telah bangkit.
Dan ia takkan berhenti membunuh hingga manusia terakhir mati.

Dan dibawah ini adalah ringkasan yang saya buat:
LYNN, ingat tidak jawabanku ketika kau bertanya apa yang akan terjadi kalau kau meninggal? Waktu itu aku menjawab bahwa kau akan berada ditempat yang sangat indah di salah satu bintang dilangit. Kau yang berada disebuah ranjang rumah sakit dengan lengan yang sulit digerakkan karena alat infuse yang panjang dan aku yang duduk disebelahmu, memegang tanganmu, mengatakan bahwa kau akan baik – baik saja.
Kau bilang kau takut akan ingatanmu yang bakalan hilang setelah operasi.
Kau juga bilang, kau akan lupa tentangku, bahkan melupakan perasaanmu sendiri.
Kau bilang kau tidak ingin membuatku bersedih, tetapi aku meyakinkanmu bahwa aku tidak akan bersedih lagi.
LYNN, ini adalah kisah antara kau dan aku, ini adalah kisah tentang kau yang terkena penyakit selective tumor. Sejak kau melakukan operasi yang sangat panjang sampai kau terbangun, aku ada untukmu, menunggu hingga kau bangun dan kita bisa bersama. Kau mungkin tidak mengetahuinya, tapi aku selalu ada untuk mu.
Sejak kau bangun dari tidur panjangmu, aku lebih semangat lagi untuk menemuimu dan bercerita panjang tentang dirimu, kita dan sahabat – sahabat lama kita. Lama aku menunggumu untuk kembali sehat dan bisa bercengkerama dengan semua yang ada di kota ini kembali.
Selain menunggu kau sembuh dari penyakit ganas tersebut, aku didatangkan sebuah masalah yang mungkin lebih rumit dari permasalahan tentang tumor dan amnesia mu. Itu adalah seorang bapak – bapak paruh baya yang tidak bisa kusebut lagi ayah. Kau pernah bilang bahwa kau selalu mendoakan supaya aku dan ayahku bisa bertemu lagi.
Beberapa hari setelah kau sembuh, kau diperbolehkan dokter untuk pulang kerumah. Dirumah, kau terlihat sangat bosan sekali, itu terlihat dari depan jendelaku yang langsung berhadapan dengan rumahmu.
Seketika terbesit cara untuk membuatmu tidak merasakan kebosanan melakukan pekerjaan yang tidak menarik dirumah, aku akan mengajakmu untuk berjalan – jalan pergi kerumah Dani dan Evi untuk menikmati pemandangan.
Ketika malam, kami sudah mulai duduk di taman dibelakang rumah Dani dan Evi melihat bintang – bintang bersinar terang. Ketika melihat bintang berkilauan dilangit kau berkata bahwa bintang adalah cahaya masa lalu.
“Kukira kau akan mengatakan kalau bintang itu adalah bayangan kita berdua?”
“Enak aja!, aku bilang bintang itu adalah orang mati yang meninggalkan seseorang yang dia cintai di bumi. Katanya, bintang itu melindungi orang yang dia kasihi, mengawasi, dan menjaganya dar atas.” katanya dengan lembut, “kau tahu cerita itu?” ia bertanya kepadaku tentang cerita anak kecil yang sudah sangat lama itu.
Setelah berbicara tentang bintang, kau tertidur diatas pangkuanku dan aku segera membawamu keatas tempat tidur. Keesokan harinya, aku membawanya kembali kerumahnya karena rasa segan kupunyai untuk menginap dirumah sahabat lamaku.
Setelah siang, aku di datangi leon dan billy di depan rumahku dan ibuku. Mereka men -datangiku setelah ayahku baru saja diterima kembali, mereka langsung menghajarku dan mengatakan kalau lynn tumbang dan dibawa kerumah sakit.
Merasa tak keruan, aku pergi meninggalkan mereka dan kedua orang tuaku dan naik keatas sebuah motor tua kesayanganku. Sesaat kemudian aku melihat sebuah truk menghantamku dan semuanya tiba – tiba gelap.
***
Setelah kau bangun dua hari kemudian, kau membuat sebuah surat terakhir sebelum kau meninggal. Kira kira isinya yah seperti ini:
Sam,Apa kabar?Kalau kau membaca surat ini, berarti aku sudah tidak ada. Aneh sekali menulis kata – kata ini. Hehe. Aku hanya ingin megucapkan terima kasih padamu karena sudah mencintaiku, bahkan membuatku jatuh cinta padamu. Aku juga ingin meminta maaf karena sudah melupakanmu seperti ini.Aku kenal dirimu, dan aku tahu kau akan larut dalam kesedihanmu. Tapi, aku mohon jangan, ya. Kau juga jagan menyalahkan dirimu sendiri. Kau juga jangan mengasihani dirimu sendiri lagi.Aku hanya ingin minta tolong, jagalah Ayah dan Ibuku. Ayah terlebih lagi, dia pasti larut dalam kesedihannya. Ibu akan berusaha sekuat tenaga untuk menghiburnya, tapi yang dia butuhkan bukan itu.Ayah suka bermain video game. Datanglah ke rumah untuk bermain dengannya, mungkin itu bisa membuatnya terhibur. Ibu senang berkebun. Kau bisa membantunya memakan ubi dan kentangnya. Jangan bohong, aku tahu, kau suka dengan ubi dan kentang Ibu, kan? Ingat kisah tentang bintang yang aku ceritakan?Aku akan menjadi bintang, karena aku tahu aku mencintaimu. Aku akan mengawasimu dari atas sana, mengharapkan kebahagiaanmu.Intinya , (susah sekali mengatakannya, karena aku tidak rela) carilah pasangan hidup yang lain, yang lebih baik dari aku. Dan berjanjilah untuk bahagia. Tapi, untuk sementara ini, maafkan aku kalau aku egois. Aku… aku ingin menjadi milikmu seorang. Dan aku tidak rela kau menjadi milik orang lain. Aku masih ingin kau peluk. Aku masih ingin kau bonceng dengan sepedamu ke mana saja. Aku masih ingin mendengar tentang kisah kita berdua, karena ingatanku tentangmu benar-benar kacau balau.Aku masih ingin menciummu.Dan, perlu kau tahu, aku mencintaimu. Selamanya.Lynn. P.S. Titipkan salamku untuk Billy. Terimakasih karena selalu berusaha untuk menghiburku. Bye. P.P.S. Juga untuk Leon, JANGAN GANGGU SAM LAGI! KAU BUKAN ANAK SD! Dan KEMBALIKAN KOTAK PENSIL SAM(Dia masih memilikinya. Aku tahu. Bukan Billy yang mengambil, tapi Leon. Ambil saja dirumahnya.)
Evi dan dani, aku ingin mencubit pipi tembam anak kalian. Cubitkan pipinya untukku. Hehe.
Evi dan dani, aku ingin mencubit pipi tembam anak kalian. Cubitkan pipinya untukku. Hehe.

Lalu, kau baik-baiklah dengan keluargamu. Kau sudah memberikan ayahmu kesempatan untuk pulang, kan? Apa kabarnya? Kalian baik-baik saja? Kalian menikmati keutuhan keluarga kalian lagi? Ah, akhirnya doaku benar-benar terkabul! Kau tidak tahu berapa kali aku berdoa agar ayahmu pulang, SamLalu, aku memang sudah tidak ada, tapi bukan berarti kau tidak bisa mendapatkan kebahagiaanmu, Sam.
Sialan si Sam, sekarang kau bisa memilikinya tanpa ada aku yang menjadi gangguan. Selanjutnya aku, Billy, akan bercerita tentang sebuah spora dari tanaman jamur yang dapat membuat kepala seseorang bisa meledak dan meninggal.
Jadi, cerita ini berasal dari sebuah spora yang berbahaya yang dibawa oleh tiga guru yang bernama Pak Elias, Pak Darsono, dan IBU Arum. Awalnya mereka membawa beberapa tanaman jamur yang masih merupakan sebuah spesies ganjil, langka, dan baru, tanaman yang masih satu keluarga dengan cordyceps yang kebanyakan dari brazil untuk dilakukan penelitian di Indonesia.
Tetapi, mereka tidak melaksanakan tugas dengan baik. Mereka membawa tanaman itu ke sebuah sekolah menengah atas yang berada disebuah kota di Pulau Jawa bersama dengan anak - anak dari ekskul KIR. Tak disangka, tanaman itu dibuka oleh salah seorang anggota KIR dan membuat jamur itu berkembang di seluruh penjuru sekolah.
***
Alif, seorang psikopat yang masih duduk dibangku sma. Ia telah menjadi seorang pembunuh setelah membunuh ayahnya tiga tahun yang lalu. Ia dan ibunya pindah ke bogor setelah kejadian tersebut dan bersekolah di tempat kejadian itu dimulai.
Pada hari setelah anggota KIR kembali dari konferensi, ia datang terlalu pagi tidak seperti biasanya. Setelah memasuki kawasan sekolah ia menemukan sebuah manusia berseragam seorang satpam yang mati dengan kepala yang sudah pecah berkeping – keping.
Setelah ia melihat kejadian tersebut, ia mengalami kejadian demi kejadian sangat janggal bagi ia. Banyak kematian yang dilalui hingga suatu saat ia berhalusinasi dikamarnya. Ia kedatangan seorang manusia yang sudah ia bunuh. Ayah!!!
Manusia itu tersenyum melihat Alif yang sudah mulai ketakutan. Dia mengangkat satu kaki di atas satu lututnya, tampak santai seolah – olah tidak ada yang terjadi, kemudian mulai bercerita kepada Alif.
“Ada sebuah cerita, tentang seorang kurcaci yang sangat sakti. Dalam berbagai petualangannya, dia mengalahkan naga dan pangeran kegelapan, menjelajahi tanah yang sangat amat jauh, dan memperoleh banyak sekali harta. Orang – orang yang tinggal dekat dengannya mengisahkan mengenai gua yang dipenuhi harta benda si kurcaci hingga suatu saat manusia meminta harta kepada sang kurcaci tatapi sang kurcaci selalu menolak semua yang meminta hartanya. Suatu hari, raja dibawah gunung memerintah sepasukan prajurit untuk menyerbu gua kurcaci, namun, gua tersebut telah kosong dan ditemukan pesan dari sang kurcaci terukir di dinding gua: ‘Di Ujung Pelangi’.”
Alif menelan ludahnya. “Kenapa… kau menceritakan ini padaku?”
Pria itu mengangkat alisnya, tersenyum lembut. “Sabar, Nak. Kau akan mengetahui jawabannya nanti.”
“manusia menganggap pesan itu sebagai petunjuk untuk menemukan harta tersebut, mereka mencari – cari kemana harta itu disembunyikan si kurcaci. Mereka selalu mengejar ujung pelangi tetapi mereka selalu tidak dapat ke ujungnya karena pelangi selalu hilang setelah mereka sampai keujungnya.
Hingga suatu saat, ada sekelompok penunggang kuda tercepat juga mulai mencari ujung pelangi tersebut dan mendapatkan sebuah bencana, kurcaci itu bukan meletakkan sebuah harta di ujung pelangi, tetapi ia meletakkan sebuah monster di ujung pelangi itu.”
Setelah selesai menceritakan semua itu, si pria menghilang dan alif terbangun dan langsung pergi mencari temannya bernama Fiona yang sudah terinfeksi, dia dibantu oleh seorang cewek bernama Rina untuk menolongnya.
Akhirnya mereka terlambat menyelamatkan Fiona, dan keluarga nya pun meninggal. Setelah kejadian itu, polisi datang dan langsung membakar tempat itu. Sayangnya Rina juga terkena infeksi itu dan mati di tempat. Yang menjadi perbincangan adalah, kenapa alif tidak terinfeksi virus itu?
Setelah kejadian itu alif dideportasi ke tempat lain dan akhirnya alif dapat menyelamatkan bogor sebelum terlambat.

Review


Jadi, kedua novel ini menceritakan masing - masing cerita dengan sangat bagus, menceritakan berbagai kesedihan masing - masing karakter akan kejadian yang dialami. Seperti masa lalu yang kelam dari seorang Alif yang telah membuatnya menjadi Psikopat, tentang Lynn yang melupakan semuanya, Sam yang selalu mengasihani dirinya dll.
ketika saya membaca kedua novel itu, saya merasakan twist yang benar - benar dibuat dengan baik, tetapi kedua novel ini mempunyai kekurangan seperti ada beberapa latar tempat yang tidak diketahui,  banyak hal yang bisa dikembangkan lagi, misalnya memperdalam penjelasan tentang yang saya pertanyaan tadi sehingga bisa diterima secara logis. Karakternya diperdalam lagi, saya merasa Alif adalah hero yang nggak berbuat apa-apa, dia seperti penonton kematian orang-orang di sekolahnya. Saya juga nggak ngerti sama endingnya :(
Selain itu ada beberapa kalimat yang membuat saya harus membacanya berkali-kali agar mengerti, contohnya:

"Yang pakai jaket pakai jaketnya, kalau tak punya jaket tunggu Pak Elias membukakan payung." - hal 7."Baik. Alif? tanya ibu wakil kepala sekolah."Ya, Bu Arum?""Bagaimana keadaanmu, kalau Ibu boleh tahu?"Alif mengangkat alisnya tinggi-tinggi. Ia menatap Ibu kepala sekolah, mantan wali kelasnya, kemudian ia mengerling ke para polisi dan pria berpakaian preman yang ada di ruangan tersebut. - hal 41.
Secara keseluruhan, saya suka dengan novel ini. Karakter utamanya segar dan ceritanya enak untuk diikuti. Pemilihan latar tempatnya terasa kurang pas. Terima kasih untuk penulisnya yang telah memberikan buku ini untuk direview. "When the Star Falls" dan "spora". Dan saya katakan di sini: “Saya tidak menyesal membeli novel ini di toko buku hingga harus berjinjit untuk meraihnya di rak tertinggi.”
Semoga karya selanjutnya lebih baik lagi, lebih dikembangkan lagi, boleh berbau fiksi ilmiah tapi yang paling penting adalah buat pembaca mengerti apa yang ingin diceritakan, buat secara logis walau itu fiksi sekalipun.

Sekian dari saya tentang lagu Indonesia Raya, Lagu kebangsaan Rakyat Indonesia, mohon maaf apabila ada kesalahan,
 سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭﴿ثلاثًا﴾٭

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Thanks To:

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Review Novel When The Star Falls dan Spora"

  1. Hebat orang yang suka bedah buku. Bukan hanya isi, namun gaya bahasanya pun dicermati. Buku setebal apapun dijabanin untuk dibaca. Review buku sangat membantu mereka yang pengin memiliki buku untuk lebih tahu previewnya terlebih dahulu. Reviewer seperti admin blog ini memang esensial banget Salam kenal ya, namaku walidin dan jangan sungkan main ke blogku

    ReplyDelete